Government Memperhatikan Pelayanan Informasi Penduduk Papua

Badan Pengelolaan Data Elektronik (BPDE) Provinsi Papua menyediakan fasilitas warung internet (Warnet) gratis dengan dana dari Otsus. Hal tersebut dimaksudkan untuk mensosialisasikan perkembangan teknologi kepada masyarakat, sekaligus membantu masyarakat, terutama kelompok pelajar dan mahasiswa dalam mengakses berbagai informasi. Kepala Badan Pengelolaan Data Elektronik, Thobias Solossa,SH, MM mengatakan “Untuk seluruh fasilitas internet yang dikelola BPDE, tiap bulannya kami membayar sekitar Rp 60 juta,”katanya. Caranya sederhana, datang saja ke Kantor BPDE dan mengisi formulir untuk menjadi anggota, sesudah itu akan dikasih password untuk mengakses internet. “Fasilitas internet gratis ini untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan informasi, baik terkait bisnis, usaha kecil dan berbagai informasi lainnya,”papar Thobias.

 

Dari tahun ke tahun, peminat atau pengunjung Warnet gratis ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan, di mana pada 2006 lalu, jumlah pengunjung 2.388 orang dan pada 2007 meningkat menjadi 22.177 pengunjung. Dari 2.388 pengunjung di tahun 2006, 1980 orang diantaranya merupakan pengunjung laki-laki, sedangkan sisanya 408 merupakan pengunjung perempuan. Jumlah pengunjung laki-laki masih mendominasi dengan perbandingan 82,9% dan 17,1%.Kemudian jika dilihat dari sisi orang Papua dan non Papua, pada 2006 jumlah pengunjung orang Papua 781 orang (32,7%) dan non Papua mencapai 1.607 (67,3%). Dari jumlah pengunjung tahun 2006 ini, mayoritas adalah mahasiswa dan pelajar yang mencapai 1.388 orang (58,1%), kemudian swasta 351 orang (14,7%), sisanya pengunjung dari kelompok PNS, TNI/Polri dan kelompok masyarakat lainnya. Selanjutnya untuk 2007, dari jumlah pengunjung 22.177 orang, 18.642 orang (84%) merupakan pengunjung laki-laki, sedangkan pengunjung perempuan hanya 3.535 orang (16%). Kemudian dari sisi orang Papua dan non Papua, jumlah pengunjung orang Papua 5.398 orang (24,4%) dan non Papua 16.764 orang (75,6%). Sedangkan dari kelompok pengunjung itu, juga didominasi kelompok pelajar dan mahasiswa, kemudian swasta, PNS, TNI/Polri dan pengunjung lainnya.

Salah seorang pengunjung orang Papua, Mateus K (30) warga Dok V Jayapura merasa cukup sedih, karena banyak rekan-rekannya yang belum memanfaatkan fasilitas Warnet gratis ini secara baik. “Informasi ini sangat penting, sebab jika hari ini kita lewat, maka kita tidak tahu perkembangan apa yang terjadi. Jika itu terjadi, maka kita termasuk orang yang rugi,” tuturnya. Tampak pula seorang siswa kelas II SMPN 1 Jayapura, Heskia Kaiba (13) dan rekannya Targus Patai (13) menggunakan fasilitas tersebut.
Keduanya datang ke Warnet ini karena diajak Yudistira Dandan (13) (non Papua). Ini merupakan adanya kerukunan yang dapat dijadikan contoh bagi pemuda-pemudi lainnya.

1 Comment »

  1. Salam Koteka…

    Pertama, Saya mau sampikan ucapan terima kasih dari teman-teman Papua yang kuliah di Djawa Bali dan sekitarnya. Karena program ini sangat baik dan mendukung kemajuan pembangunan SDM Papua.

    Kedua, dari beberapa jumlah dan prosentase pengguna internet di atas, menunjukan bahwa orang pribumi dan masyarakat Papua Asli nampak tidak begitu diminati. Jadi harapan kami adalah perlu menyosialisasikan pentingnya internet dari tingkat SD, SMP, SMA dan PT se-Papua. Dari jumlah di atas orang Papua dan pendatang memiliki prosentase agak berbeda atau miring jadi perlu di giatkan sosialisasanya..!!

    Ketiga, Kami agak merasa terusik dengan pengguna internet yang berkedukan sebagai ABRI/POLRI dan PNS (mereka-mereka ini kan sudah ada fasilitas internet di kantor dan di rumah kan..?),


RSS Feed for this entry

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: