Investor Terkendala Hak Ulayat dan Birokrasi

West Papua Point (WPP).  Papua, 28 Januari 2009.  Ketua Umum Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusahan Muda Indonesia (HIPMI) Papua, Andi Rukman Nurdin, mengatakan,” Mendatangkan investor ke suatu daerah tidak mudah, namun apabila sudah ada 1 investor mulai berkarya di suatu daerah, maka hal tersebut akan menjadi bahan pertimbangan investor lainnya masuk ke daerah tersebut maka dampaknya akan menjadi multi efek kepada usaha-usaha lainnya yang dapat memajukan perekonomian menuju Papua Baru,” katanya sebelum membuka rapat pleno BPD HIPMI Papua, di Swiss Bel Hotel Papua pada Ahad 27 Januari 2008.

Menurutnya, 3 tahun yang lalu, BPD HIPMI Papua mengajak 14 investor ke Papua, namun sekitar 6 bulan dari itu seperti Group Samporna dan Bentol Group tidak melanjutkan investasinya di Papua dengan alasan kendala “birokrasi dan masalah hak ulayat”. Oleh karenanya untuk mengatasi masalah tersebut, saat ini sedang disusun perdasi dan perdasusnya, sehingga diharapkan dalam waktu dekat ini sudah dapat disahkan. Dengan demikian dapat memberikan kejelasan dan batasan mana yang harus dilakukan investor dalam berinvestasi di Papua.   

Kepengurusan Andi Rukman Nurdin sebenarnya berakhir pada 24 November 2007, namun diberi tenggang waktu sampai 3 bulan ke depan sampai terbentuknya pengurus baru. Sejak kiprahnya di Papua pada 1983, BPD HIPMI Papua sampai 2008 ini telah memiliki 20 cabang Se Provinsi Papua dan sampai 2008 telah melakukan pergantian kepengurusan sampai 8 kali, dimana 1 periode jabatan kepengurusan berlangsung selama 3 tahun.  Sebagai penggantinya yang sudah ditetapkan secara lisan yaitu Max R. Krey, Syahril Hasan, Lutfi Arisandi dan bahlil LHD, masih harus melakukan road show ke daerah-daerah sebelum pemilihan dimulai, sebab yang akan menentukan Ketua Umum BPD HIPMI Papua adalah mereka-mereka yang ada di daerah. Siapapun penggantinya harus didukung dan dapat tetap menjalin kerjasama dengan elemen-elemen lainnya baik yang ada di Papua maupun di luar daerah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: